Selasa, 09 Februari 2016

6 Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Mengganggu Kesehatan


MAHASISWA. Itulah sebutan untuk peserta didik yang tengah menempuh jenjang pendidikan formal tertinggi. Ada rasa bangga ketika kita berstatus sebagai mahasiswa. Masyarakat awam memberikan penilaian yang lebih kepada mahasiswa, terutama pola pikir dan pengetahuan yang dimilikinya. Namun tahukan mereka bahwa, sebagian besar mahasiswa terjebak dalam kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik. Bahkan kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan mereka. Bukannya mereka tidak tahu dengan bahaya kesehatan yang akan dialaminya ketika melakukan kebiasaan ini. Saya yakin bahwa para mahasiswa tahu persis, bahaya apa yang akan terjadi jika sering melakukan kebiasaan buruk ini. Yuuk, kita simak apa saja kebiasaan buruk mahasiswa yang dapat mengganggu kesehatan.

1.      Merokok
Tidak dipungkiri lagi bahwa merokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Dampak paling mengerikan dari rokok adalah bisa menyebabkan kanker paru-paru. Kita tahu bahwa papu-paru merupakan salah satu organ vital dalam kehidupan manusia.
2.      Begadang
Terdapat berbagai alasan yang mengharuskan mahasiswa untuk begadang, seperti mengerjakan tugas dan laporan praktikum, dikerjar deadline, rapat organisai atau hanya sekedar bermain game dan menonton film. Begadang yang terlalu sering bisa menyebabkan gangguan fisiologis dan perubahan fungsi-fungsi fisiologis tubuh. Selain itu, begadang juga akan membuat tubuh kita susah bangun pagi dan kehilangan kesempatan untuk melakukan ha-hal bermanfaat di pagi hari.
3.      Tidur di pagi hari
Waktu pagi adalah waktu yang paling baik. Tubuh terasa lebih segar dan siap untuk melakukan berbagai aktivitas bermanfaat. Udara pagi yang begitu segar sangatlah baik untuk kesehatan dan menjadikan pikiran menjadi tenang. Jadi kenapa kamu melewatkan waktu yang sangat berharga ini?
4.      Makan tidak teratur
Makan merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan manusia yang perlu dilakukan secara teratur. Makan yang tidak teratur tidak dianjurkan dan berbahaya menurut kesehatan.
5.      Kebersihan tempat tinggal tidak terjaga
Kebersihan menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam kehidupan manusia, baik kebersihan pribadi maupun kebersihan lingkungan. Tempat tinggal yan tidak bersih  berpotensi menimbulkan bebagai penyakit seperti hepatitis A, diare dan tifus.
6.      Membaca sambil tiduran
Kalangan praktisi kesehatan tidak menganjurkan kita untuk membaca sambil tiduran karena kebiasaan ini bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Membaca harus dilakukan dalam kondisi yang baik menurut kesehatan dan harus mengatur jarak pandang mata ke bahan bacaan secara optimal.


Dapak dan bahaya dari kebiasaan-kebiasaan tersebut memang tidak akan timbul dalam waktu dekat. Potensi bahaya akan mulai terlihat ketika kita sudah berumur agak lanjut. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan di masa yang akan datang adalah dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk di masa sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar